Yang Diminta Masyarakat Adalah Tol Cigatas, Cileunyi-Garut-Tasikmalaya

0
315
Yang Diminta Masyarakat Adalah Tol Cigatas, Cileunyi-Garut-Tasikmalaya
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Kementerian PUPR

Selain ruas tol Semarang-Demak yang akan segera dimulai tendernya untuk lebih menyempurnakan sistem jaringan jalan tol di Pantura Jawa. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengemukakan, untuk mengimbangi wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa, di wilayah Pantai Selatan juga akan dibangun beberapa ruas tol baru. Di antara yang disebut adalah ruas Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) dan Yogyakarta-Solo.

Baca Juga: Tol Trans Jawa Akan Makin Lancar Akhir Tahun Ini

“Yang diminta masyarakat yang utamanya adalah Cigatas, Cileunyi-Garut-Tasikmalaya. Ini sebentar lagi akan segera ditender untuk yang Cigatas ini,” kata Menteri Basuki kepada wartawan usai kunjungan ke Pulau Nusakambangan, Cilacap, bersama MenkumHAM Yasonna H Laoly, Jumat (27/7/2018).

Tol Bandung-Tasikmalaya dibangun sebagai upaya mengurai kemacetan di jalur nasional. Diharapkan bisa menjadi alternatif rute dari ruas jalan di wilayah utara nantinya.

Baca Juga: Pemerintah akan merealisasikan pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya

Menurut dia, tol tersebut nantinya akan membentang dari Bandung hingga Solo. Selain tol Cigatas, lanjut Basuki, pembangunan ruas tol yang akan dilakukan adalah Tasikmalaya -Cilacap, Cilacap- Yogyakarta, Yogyakarta -Solo, namun yang akan dilakukan terlebih dahulu adalah tol Yogyakarta-Solo.

“Terlebih dahulu ini Yogyakarta -Solo. Kemudian nanti baru Cilacap- Yogyakarta dan Tasikmalaya- Cilacap,” jelasnya.

Tol Cigatas merupakan bagian dari proyek pembangunan jalan tol Trans Jawa. Tol Cigatas memiliki panjang 100 kilometer dan akan dilanjutkan hingga Cilacap dengan total mencapai 184 kilometer. Sedangkan jalan tol Cilacap-Yogyakarta-Solo mencapai 237 kilometer.

Like, Follow & Share Sosial Media Kami

1. Facebook: Indonesia Infrastruktur
2. Twitter: IndonesiaInfra
3. Instagram: IndonesiaInfrastruktur