Gandeng Pindad, INKA Mau Bikin Mesin LRT Medan

0
134
Gandeng Pindad, INKA Mau Bikin Mesin LRT Medan
Foto: Pradita Utama

PT Industri Kereta Api atau INKA (Persero) menyatakan kesiapannya membuat gerbong light rapid transit (LRT) Medan. Bahkan, INKA akan menggandeng PT Pindad untuk membuat mesin atau motor traksi sendiri. Bukan mesin impor.

Direktur Produksi PT INKA, Bayu Waskito Sudadi mengatakan pihaknya akan mendorong penggunaan konten lokal sebesar 60% di proyek LRT Medan, salah satu caranya melakukan transfer teknologi.

Ia mencontohkan untuk pembuatan motor traksi, selama ini pihaknya selalu mengimpor barang tersebut dari perusahaan luar seperti Bombardier. Sekarang, perusahaan itu diajak untuk memproduksi mesin di Indonesia bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Traksi motor nanti kerjasama dengan Pindad (dengan Bombarider),” ungkapnya, Jumat (27/7/2018).

Selain menggandeng Bombardier dan Pindad, rencananya INKA juga akan menggandeng PT Inalum untuk membuat alumunium yang berfungsi sebagai kerangka gerbong LRT.

“Seperti car body aluminium nanti kita kerjasama dengan Inalum. Karena kita kan belum bisa buat yang besar-besar. Nah dia bisa,” terang dia.

Sementara itu, permintaan penggunaan konten lokal sebesar 60% disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban pemerintah membangun proyek tersebut.

Baca Juga: Ini Rute LRT Medan Yang Dibangun Mulai 2020