Agustus, Terminal Pelabuhan Patimban Mulai Dibangun

0
21
Agustus, Terminal Pelabuhan Patimban Mulai Dibangun
Lokasi proyek Pelabuhan Patimban. Foto: Kartika Sari Tarigan/detikcom

Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, mulai dibangun Agustus 2018. Hal tersebut dimulai dengan Penandatanganan Kontrak untuk Proyek Pembangunan Pelabuhan Patimban (I), Paket I yaitu Konstruksi Terminal yang dimenangkan oleh konsorsium Wika Karya dan PT PP.

Pembangunan Pembangunan Pelabuhan Patimban ini dilakukan dalam tiga tahap. Konstruksi awal akan dilakukan segera kemudian di tahun 2019 akan dilakukan soft opening dan total penyelesaian proyek pembangunan Pelabuhan Patimbang secara keseluruhan yaitu akan selesai pada tahun 2027.

Sebagai informasi, total kebutuhan anggaran pembangunan Pelabuhan Patimban Rp 43 triliun. Adapun pinjaman untuk pembangunan Pelabuhan Patimban yang terletak di kawasan timur Jakarta, merupakan dana dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan nilai ¥118,9 juta atau sekitar Rp 14,17 triliun.

Pada November 2017, kesepakatan antara JICA dan Indonesia berupa pinjaman sebesar Rp 14,17 triliun itu merupakan 83% dari total biaya konstruksi Pelabuhan Patimban tahap I senilai ¥144 miliar atau Rp 17,16 triliun. Sisa biaya investasi itu akan dibiayai oleh pemerintah Indonesia dalam pembebasan tanah dan urusan pajak.